Rabu, 15 Oktober 2014

INTERNET DALAM BIDANG PSIKOLOGI

Seperti yang kalian tau dan kalian sering jumpai dalam kehidupan sehari-hari bahwasannya dengan mudahnya kita terhubung dengan internet. Dalam berbagai telekomunikasi, profesi, bahkan dalam system pembelajaran pun sekarang dengan mudahnya seseorang terhubungkan dengan internet. Seperti yang dibahas sebelumnya tentang arti dan sedikit pembahasan tentang internet. Sekarang akan saya sajikan dan bahas sedikit tentang bagaimana sebuah internet dapat membantu beberapa kegiatan kecil kita.
Pertama, setiap orang di kota besar dari anak-anak hingga manula sudah dapat menggunakan internet, entah itu melalui computer dengan monitor yang cembung hingga yang sangat tipis. Dengan menggunakan internet bahkan banyak orang yang berbondong-bondong mengganti Telepon genggam mereka dengan jenis Smart Phone. Eantah dipakai untuk komunikasi dengan orang lain, untuk mendapat informasi terkini atau hanya sebagai alat hibur/rekreasi sesaat untuk menonton You Tube atau bermain game yang sedang marak di dunia internet.
Bahkan sekarang internet dapat dipakai oleh beberapa bidang, termasuk dengan bidang psikologi. Saya akan membahas beberapa kegiatan yang bisa terkait oleh psikologi yang anda sadari maupun tidak.
Pertama, sekarang banyak terdapat tes-tes psikotes, kepribadian, bahkan sekarang lewat internetpun banyak situs atau web yang menyediakan tes kejiwaan atau kegilaan seseorang dengan menggunakan beberapa pertanyaan. Jika anda iseng-iseng coba saja search di internet, yang bisa anda coba dengan mudahnya di Smart Phone anda. Bahkan banyak tes-tes yang lumayan banyak tidak diatur dengan benar oleh pihak-pihak yang tak memiliki kemampuan tersebut. Jadi jangan terlalu percaya juga dengan beberapa tes-tes yang ada, anda harus menjadi pengguna internet yang pintar seperti Smart Phone anda.
Kedua, banyak secara tak sadar kita sebagai kaum labil atau keseringan membuka internet tak sadar dengan beberapa media sosial yang kita punya. Banyak media sosial yang kita punya untuk meluapkan ekspresi, kegalauan, bahkan disalah gunakan. Yang terkadang secara psikologi beberapa media sosial banyak membantu antar psikolog dengan beberapa orang yang membutuhkannya. Banyak terdapat media sosial yang bisa kita masuki untuk sedikit obat pelarian penat dari rutinitas sehari-hari.
Ketiga, dengan internet banya ilmu-ilmu psikologi yang tersebar. Contoh, dari sejarah, pengertian hingga pembelajaran yang mendetail telah tercangkup oleh internet. Dengan internet kita dapat mendapat banyak informasi psikologi yang kita butuhkan.

Jadi internet dalam segala bidang dan termasuk bidang psikologi sangat berguna, semua tergantung dengan kita sebagai pemakai internet itu sendiri. Dapat kita gunakan untuk hal yang bergunakah atau hanya untuk hal-hal yang tidak berguna. 

1 komentar: